PUSAT PENDIDIKAN

APA ITU VALAS

PENGANTAR PASAR VALUTA ASING

Meskipun pasar Valuta Asing adalah pasar terbesar yang diperdagangkan di dunia, jangkauannya di sektor ritel masih kurang jika dibandingkan dengan pasar Ekuitas dan Pendapatan Tetap. Hal ini sebagian besar karena kurangnya kesadaran FX (Valas) dalam komunitas investor, bersama dengan kurangnya pemahaman tentang bagaimana dan mengapa mata uang bergerak. Menambah mistik pasar ini adalah kurangnya jumlah bursa pusat fisik yang mirip dengan NYSE atau CME. Sangat kurangnya struktur inilah yang memungkinkan pasar FX (Valas) untuk beroperasi selama 24 jam, mulai hari perdagangan di Selandia Baru dan terus berlanjut sampai zona waktu lain.

Secara tradisional, akses ke pasar FX (Valas) terbatas pada komunitas bank, yang memperdagangkan sejumlah besar mata uang untuk tujuan komersial, lindung nilai atau spekulasi. Diciptakannya perusahaan seperti USG telah membuka pintu perdagangan Valas bagi institusi seperti manajer investasi dan uang, serta pedagang ritel perorangan. Sektor pasar ini telah berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir ini.

APA ITU PERDAGANGAN VALAS?

Dalam transaksi FX (Valas), satu mata uang dijual untuk dipertukarkan dengan satu sama lain. Kursnya mengungkapkan nilai relatif di antara dua mata uang. Mata uang biasanya diidentifikasi oleh kode 'Swift' tiga digit. Misalnya, EUR = Euro, USD = Dolar AS, CHF = Franc Swiss dan sebagainya. Daftar lengkap kode-kode ini dapat ditemukan di sini. Kurs EUR/USD 1,5000 berarti bahwa EUR 1 bernilai USD 1,5.

Kadang-kadang, EUR/USD disebut sebagai pasangan mata uang. Kurs ini dapat dibalik. Jadi kurs EUR/USD 1,5000 adalah sama dengan kurs USD/EUR 0,6666. Dengan kata lain, USD 1 bernilai EUR 0,6666. Konvensi pasar adalah bahwa sebagian besar mata uang cenderung ditawarkan terhadap dolar, tetapi ada pengecualian yang patut diperhatikan, seperti pada EUR/USD yang telah disebutkan, GBP/USD (Pound Sterling Inggris) dan AUD/USD (Dolar Australia). Hal ini sebenarnya tidak membingungkan seperti yang terdengar.

SIMBOL MATA UANG ASING

Mata Uang, seperti ekuitas, memiliki simbol sendiri yang membedakan satu dari yang lain. Karena mata uang ditawarkan sehubungan dengan nilai satu mata uang terhadap nilai mata uang lain, pasangan mata uang mencakup 'nama' untuk kedua mata uang, dipisahkan oleh tanda garis miring ('/'). 'Namanya' berupa akronim tiga huruf. Dua huruf pertama, dalam banyak kasus, disediakan untuk identifikasi negara. Huruf terakhir adalah huruf pertama dari unit mata uang untuk negara itu.

Misalnya,
USD = United States Dollar (Dolar Amerika Serikat)
GBP = Great Britain Pound (Pound Inggris)
JPY = Japanese Yen (Yen Jepang)
CAD = Canadian Dollar (Dolar Kanada)
CHF = Confederatio Helvetica (Bahasa Latin untuk Konfederasi Swiss) Franc (Franc Swiss)
NZD = New Zealand Dollar (Dolar Selandia Baru)
AUD = Australian Dollar (Dolar Australia)
NOK = Norwegian Krona (Krone Norwegia)
SEK = Swedish Krona (Krona Swedia)
Karena Euro Eropa tidak memiliki negara tertentu yang melekat padanya, maka hanya dinyatakan dengan akronim EUR. Dengan menggabungkan satu mata uang (EUR) dengan mata uang lain (USD), Anda membuat pasangan mata uang - EUR/USD.

MATA UANG DASAR DAN MATA UANG LAWAN TRANSAKSI

Satu mata uang dalam pasangan mata uang selalu bersifat dominan. Ini disebut mata uang dasar. Mata uang dasar diidentifikasi sebagai mata uang pertama dalam pasangan mata uang. Itu juga merupakan mata uang yang tetap konstan ketika menentukan harga pasangan mata uang ini.

Euro adalah mata uang dasar yang dominan terhadap semua mata uang global lainnya. Akibatnya, pasangan mata uang terhadap EUR akan diidentifikasi sebagai EUR/USD, EUR/GBP, EUR/CHF, EUR/JPY, EUR/CAD, dll. Semua memiliki akronim EUR sebagai mata uang pertama dalam urutan tersebut.

Pound Inggris berada dalam hierarki berikutnya dari dominasi nama mata uang. Oleh karena itu pasangan mata uang utama versus GBP akan diidentifikasi sebagai GBP/USD, GBP/CHF, GBP/JPY, GBP/CAD dan sebagainya. Selain pasangan EUR/GBP, harapkan untuk melihat GBP sebagai mata uang pertama dalam pasangan mata uang.

USD adalah mata uang dasar berikutnya yang paling dominan. USD/CAD, USD/JPY, USD/CHF akan menjadi konvensi pasangan mata uang normal untuk mata uang utama. Karena EUR dan GBP lebih dominan dalam hal mata uang dasar, dolar ditawarkan sebagai EUR/USD dan GBP/USD. Mengetahui mata uang dasar merupakan hal penting, karena menentukan nilai mata uang (khayal atau nyata) yang dipertukarkan saat kesepakatan Valuta Asing ditransaksikan. Mata uang lawan transaksi adalah mata uang kedua dalam notasi pasangan mata uang.

PELAKU PASAR VALAS

Ada berbagai jenis pelaku di pasar FX (Valas), dan mereka sering kali mencari hasil yang sangat berbeda ketika mereka melakukan perdagangan. Inilah sebabnya mengapa meskipun FX (Valas) sering kali digambarkan sebagai permainan 'zero-sum' (impas) – pandangan kalau ada satu investor yang untung maka ada satu investor yang rugi – ada banyak kesempatan untuk mendapatkan uang. FX (Valas) dapat dianggap sebagai kue dan setiap orang dapat memperoleh bagian yang layak dari kue itu.

Secara tradisional, bank telah menjadi pelaku utama di pasar FX (Valas). Bank masih tetap menjadi pemain terbesar dalam hal pangsa pasar, tapi transparansi membuat pasar FX (Valas) menjadi jauh lebih demokratis. Sekarang, hampir semua orang memiliki akses ke harga sangat sempit yang sama yang ditawarkan di pasar antar bank. Jadi, bank tetap menjadi pemain utama di pasar FX (Valas), tetapi generasi pembentuk pasar baru, seperti penasihat dana lindung nilai dan perdagangan komoditas, telah muncul selama dekade terakhir ini.

Bank Sentral juga dapat memainkan peran penting dalam pasar FX (Valas), sementara perusahaan internasional memiliki kepentingan alami dalam perdagangan ini karena keterpaparan mereka terhadap risiko FX (Valas).

FX (Valas) ritel berkembang pesat selama dekade terakhir ini dan sementara angka yang pasti sulit didapat, sektor ini diyakini mewakili sebanyak 20% dari pasar FX (Valas).

Tentang Kami
Platform
Jenis Rekening
Analisis & Berita Pasar
Pusat Pendidikan
Mitra & Afiliasi